Selasa, 16 April 2013

JANJI

"Janji adalah hutang.."
Yang jadi pertanyaan saya... bila seseorang menjadi "Almarhum.." apakah janji2nya yang ga sempat tertunaikan wajib ditunaikan oleh ahli waris..???
Mungkin janji si almarhum bisa berupa materi, seperti berjanji akan memberikan bantuan sekolah untuk si A, atau janji memberi uang karena dapat rejeki lebih pada si B, tapi mungkin bisa juga janji yang ga berupa materi.Misalnya pernah berjanji akan mengajak anak-anak jalan2 saat liburan kenaikan kelas, pernah janji traktir makan salah seorang sahabatnya, atau sekalipun hanyalah janji sebuah cerita atau berita.
Sampai dimanakah kewajiban dari ahli waris untuk menunaikan janjinya itu..? Dan apakah konsekuensi dari tidak tertunaikannya janji tadi..??

Bila janji itu adalah hutang...
Mengapa kita terkadang abai dengan janji2 yang pernah kita ucapkan. Mungkin buat kita yang berjanji itu hanyalah semacam akal2an untuk menghindari tuntutan yang lain, namun...terkadang bagi yang menerima janji mungkin apa yang diucapkan tadi akan selalu diingat dan dijadikan semacam hal yang harus ditunaikan oleh yang berjanji.

Kita ga pernah tau hati orang yang kita berikan janji...apakah dia mengikhlaskan janji yang dengan sengaja atau ga sengaja tidak kita tuntaskan.

Bila orang yang kita janjikan masih menunggu kita menunaikannya...apakah kita masih berutang pada mereka sebelum adanya kata sepakat putus atas janji tersebut...?
Bagaimana dengan janji asal2an yang kita ucapkan pada anak2 kita hanya agar mereka ga rewel menuntut sesuatu saat ini..??
Bagaimana dengan janji setengah hati pada pasangan hanya karena ingin terlepas dari kewajiban yang ga mau kita laksanakan saat itu...??
Dan bagaimana janji kita pada orang tua kita dahulu untuk menjadi yang terbaik buat mereka..??
Dan bagaimana janji kita pada saudara..teman dan sahabat yang dengan sengaja kita ucapkan dan dengan sadar tak mau kita tunaikan...??
Dan yang paling penting bagaimana dengan janji kita pada Tuhan dan diri kita sendiri yang sampai sekarang belum atau tidak kita jalankan...???

Semuanya hutang..
Hutang yang harus dibayar..
Dan mungkinkah hutang janjipun dapat ditagih di hari akhir kelak...???

Jangan berjanji bila kita tahu bahwa kita tak bisa dan tak ingin menepatinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar