Rabu, 10 April 2013

LAMPU MERAH

Cerita berikut sebenarnya ingin sekali saya tulis hari Jumat kemaren...tapi apa daya... karena sibuk ga jelas  atau juga males ga puguh baru hari ini kesampaian saya untuk menuliskan cerita ini. Dan semuanya berhubungan dengan lampu merah. U know kan lampu merah...?
Itu loh...lampu yang dipasang di jalan raya ..yang fungsinya nyetopin orang2 yang lagi nyetir buat ngasih kesempatan pejalan kaki buat nyebrang dan juga ngasih jalan buat mobil dan kendaranaan lawan arah buat jalan bergantian. Kalo ga ngarti juga...mangap-mangap dah..saya ga bisa kasih deskripsi yg lebih ajaib lagi.

Lampu merah pertama..
Setelah bayar tol sirkuit sentul dan masuk alternatif sentul...lampu merah menyambut kedatangan saya...sementara nungguin lampunya berubah ijo..reflek saya nengok ke samping kiri. Dan di samping kiri saya seorang bapak2 yang duduk di belakang setir ngeliatin saya mulu dengan seksama dan senyum-senyum..sambil pake buka-buka kaca jendela mobilnya segala..
Agak GR juga sih...hehehe...saya cuma bengong sambil mikir..bapak itu napa ngeliatin saya mulu ya..??? perasaan ga kenal deh.
Dan ajaib....
Saat lampu merahnya abis..saya baru inget kalo bapak itu adalah yang ada di belakang mobil saya  saat antri bayar tol tadi. Dan seperti kebiasaan saya hampir 6 bulan terakhir...  hampir selalu ngebayarin tol mobil yang ada di belakang saya. Sebenarnya agak pilih-pilih juga ssiih...Kalo yang di belakang itu truk saya ga berani bayarin..pertama ga hapal tarifnya berapa, kedua..ntar kalo sopir truknya penasaran ma saya trus jadi fans dan nguber2 ampe kantorkan berabe juga.... Dan balik lagi ke bapak yang tadi..rupanya beliau mungkin penasaran..sapa sih yang berani2nya traktirin tol gw ..
Barangkali beliau pikir saya adalah orang yang dia kenal..makanya pas di lampu merah beliau cengengesan mulu sambil buka kaca jendela...hadeuuuh...saya aja yang telat mikir. Parah..parah deh...

Lampu merah kedua...
Hampir 2 tahun belakangan, sejak saya ngantor di Cibinong ini, setiap hari saya selalu beli koran lokal dari seorang anak yang selalu mangkal di lampu merah yang sama dengan kejadian pertama tadi. Setiap pagi kalo lampu merah nyala dia buru2 mendekati saya sambil menyodorkan koran. Kalo kebetulan saya lewat lampunya hijau dan masih memungkinkan..diapun lari tergopoh2 mendekati berharap masih bisa menjual sebundel koran pada saya. Namanya Ari..umurnya kira2 14 atau 15 tahunanlah..ga jauh beda dengan anak pertama saya..rambutnya ikal..dan kulit khas terbakar matahari. Pernah suatu pagi saya lihat dia ga pake sendal ..padahal aspal ga pernah layak buat kaki telanjang. Ga punya duit katanya..sedih deh..
Dan sebenarnya saya juga ga perlu2 amat ya sama korannya..hampir ga pernah saya baca juga..cuma ga fair rasanya kalo saya  ngasih pengemis..sementara mengabaikan orang yang dengan kerja keras mencari seperak dua perak buat hidupnya.
Dan...
Yang membuat saya risau belakangan ini...saya ga pernah ketemu lagi sama Ari di lampu merah setiap pagi...entah kemanalah dia sekarang..apakah dia baik-baik saja..?? Sehatkah dia..?
Hampir setiap melewati lampu merah itu saya teringat Ari...
Semoga sukses Ari...semoga kamu baik-baik selalu..jadilah anak baik paling tidak buat diri kamu sendiri dan orang tuamu..
Sungguh...
I miss u....

Lampu merah ketiga...
Masih dihari Jumat yang sama...siang hari saya ngelewatin lampu merah akses tol Bogor  Outer Ring road dari arah Jambu 2. Kadang orang mungkin bingung...kenapa saya senang membeli barang2 yang ditawarkan di lampu merah..di  kereta..di bus.. atau di tempat umum lainnya. Mungkin orang berfikir...ngapain beli barang murahan kaya gitu..
Jangankan orang lain, suami saya kadang suka ngeledekin saya kalau naik kereta.."ga belanja..?"
Bukan karena saya butuh..bukan pula karena suka..tapi... rasanya ga ada salahnya saya  beli barang dari "orang-orang kecil" seperti mereka.. pertama saya ingin bantu mereka dengan cara membeli..bukan memberi.. dan harga yang ditawarkan juga masih bisa terjangkaulah buat saya. Kedua..barang yang saya beli entah itu kerupuk, sapu lidi, gantungan mobil, permen dan barang remeh temeh lainnya bisa saya kasihkan ke bibi di rumah, tukang sapu, atau siapa sajalah. Dan buat mereka yang menerima, itu juga udah dianggap berkah.
Tapi...entah mengapa mereka yang jualan kadang suka ga berfikir panjang..ceritanya begini.. saya pernah beli permen di lampu merah depan baranang siang, begitu di kantor mau dimakan, ternyata sudah daluarsa beberapa bulan lalu..dan saya pikir mungkin dia ga sengaja, dia ga ngerti arti daluarsa dan mungkin ga punya modal buat beli yang baru lagi. Pernah terfikir saya ingin beli semua dagangannya termasuk yang dah daluarsa..biar dia bisa beli barang baru lagi, dan ga ada lagi orang yang kapok beli ke dia karena dikasih barang rusak. Berikutnya saya beli sesuatu juga di lampu merah..yang dipamerin sama pedagangnya sih bagus, begitu dikasih ke saya yang baru dan dibuka di rumah, ternyata sudah rusak ga bisa dipake lagi.
Dan kejadian siang ini di lampu merah Bogor outer Ring Road ada yang nawarin gantungan mobil, setelah tawar menawar saya minta gantungan yg dipegang sama dia, tapi dia keukeuh mau ngasih yang masih di plastik. Padahal lampu dah berubah ijo..akhirnya krn agak kesel saya bilang ga jadi, dan dengan terpaksa dia kasih yang dia pegang.. Dan akhirnya di perjalanan saya bersuudzon..mungkin gantungan yang di palstik yang mau dikasih ke saya ada cacatnya seperti pengalaman saya beli sebelumnya..Entahlah..Dan untuk sementara saya jadi males buat shopping2 di lampu merah..maaf ya bang..pak..buk.. kapan-kapan lagi deh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar