Senin, 15 Oktober 2012

MIRIS (LAGI)..



Pernahkah Anda berjalan-jalan atau kebetulan lewat di depan gerbang Jalan Tegar Beriman Komplek Pemda Cibinong…?

 

Kalo Anda pernah lewat beberapa bulan atau setahun terakhir ini…pasti tau…. bahwa persis sebelah kiri setelah gerbang ada deretan ruko-ruko yang cantik.  Dan persis juga di depan komplek ruko tadi membatasi lahan parkir dengan jalan raya, ada taman sepanjang ruko yang ditata tak kalah menariknya. 

 

Lampu-lampu taman yang ketinggiannya berbeda dipasang sedemikian rupa sehingga kalau dari kejauhan seperti jamur2 yang sedang mekar di musim hujan. Karena bentuk lampu dan warnanya sepertinya dipilih untuk menyerupai jamur. Bunga-bunga hias dan rumput dipangkas demikian apiknya menambah keasrian taman tersaebut. Dan pada sentuhan terakhir dengan jarak setiap beberapa meter…dipasang berbagai patung satwa…ada patung kerbau, unta…harimau dan beberap binatang lainnya. 

 

Singkatnya…taman itu sudah cukup menghibur saya setiap pagi,  seolah2 mereka sengaja dibuat untuk menyambut kedatangan saya dan berkata…selamat pageeee…….selamat dataaaaaaang…. ( hehehe…).

 

Kalau sore menjelang pulang dari arah sebaliknya, saya kembali melewati taman tadi. Bedanya…kalau dipagi hari sepiii…ga ada pengunjung..pada sore sangat kontras sekali pemandangannya. Banyak yang menggelar dagangan disepanjang taman dan jalan. Dan pengunjungpun tidak kalah banyak, terlebih bila cuaca cerah. Banyak orang tua yang datang sekedar mengajak anak2nya berjalan2 dan jajan sekadarnya. 

 

Dan ada pula beberapa orang tua yang saya lihat mencoba mendudukkan anaknya yang masih kecil di punggung patung2 binatang yang saya ceritakan tadi. Sepertinya…mereka sangat menikmati sore yang ceria bersama keluarga. 

 

Dan kejadian seperti itu terjadi terus menerus dengan pengunjung yang bisa jadi sama, atau mungkin juga berbeda. Sampai pada suatu pagi beberapa hari yang lalu…. Saya melihat patung2 hewan itu pagi itu penampilannya sedikit berbeda. 

 

Ada pagar disekeliling mereka… pagarnya sih sangat sederhana… hanya tancapan balok kayu di keempat sudut kemudian tali raffia dililitkan di keempat sudut tadi  sehingga si kerbau, unta, harimau dan teman2 nya terkurunglah di sana. 

 

Mata saya agak terganggu dengan pagar itu..tapi saya juga maklum dengan tindakan yang berwenang untuk memasang pagar. Rumput2 disekitar jadi mati karena terinjak2….bunga2 juga rusak tersenggol banyak orang.

 

Alangkah mirisnya negeri ini….

 

Rakyatnya haus akan hiburan…tapi pemimpinnya tak sanggup untuk menyediakan ruang rekreasi yang terjangkau dengan kantong semua lapisan rakyatnya.

 

Mall menjamur dimana-mana… waterpark juga hadir disetiap pelosok kota… 

 

Apakah iya…kita bisa mencari ketenangan dan hiburan di mall…? 

 

Apakah benar semua kita mampu membeli tiket yang tidak murah untuk masuk waterpark, semacam dunia fantasi dan teman2nya…?

 

Apakah mall bisa membuat jiwa merasa lebih tentram dan bathin lebih nyaman…?

 

Apakah mall bisa menjadikan anak2 kita menjadi lebih sehat, pintar dan berwawasan luas, bisa berempati dengan sesama dan peduli dengan lingkungan…?

 

Sungguh….

 

Saya pernah mengangan2kan…membaca sambil menggelar tikar di suatu taman yang indah…dengan ditemani makanan kecil, sementara anak2 berlarian, bermain bola dan tertawa bahagia….(seperti di film2 yang pernah saya tonton..)

 

Aaaahhhh…siapalah saya…

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar