Senin, 21 Januari 2013

THANK U MBAK



Jumat siang minggu lalu saya mampir ke sebuah toko untuk membeli satu keperluan.  Masuk toko keluar toko… ada yang barangnya cocok…tapi dompetnya ga ihlas mau bayar…ada yang sudah direstui sama dompet…mata ga setuju… yach… serba susah nih jaman paceklik gini. Barang murahpun kerasa mahal… :)

 



Dan sampai akhirnya saya terdampar di satu toko yang barangnya sangat cocok dengan mata saya….Awal masuk toko sih perasaan dah ga enak liat penjaga tokonya. Saya tau…kalo wajah tu mang dah pemberian Tuhan…susah buat diapa2in lagi kecuali punya duit bejibun kaya orang2 yg suka permak wajah. Tapiii… kan bisa dipoles dengan senyuman yg tulus…. Sikap yang ramah… sapaan yang sopan….

 

Yach sudahlah…. Sayakan tertarik barang dagangannya..bukan sama yang jaga tokonya…



Tanya ini …tanya itu  dijawab dengan cueknya… kaga ada senyum…dan kaga ada usaha ngerayu saya biar beli itu barangnya..





Apa mungkin keliatannya saya ga bakal mampu beli barang itu yak…??? Jiaahhhhh… gubrag banget dah…

 



Dalem ati sih saya ngerasa agak aneh juga sih…tapi sumpe saya kok ga kesel ya dicuekin sama penjaga toko. Bukan pemiliknya… Yang kalo saya boleh sombong…saya  juga bisa kok ngegaji dia buat jagain toko saya juga…. Malah saya gaji lebih tinggi lagi…(kalo tokonya ada…hehehehehe…)

 



Tapi boro-boro kesel dan marah…saya malah pamit dengan memberi dia senyuman manis serta ucapan terima kasih, walapun saya ga jadi beli.

 



Di perjalanan pulang saya agak2 mikir….kenapa ya si mbak tadi jutek begitu sama saya. Baru juga ketemu kali ini…artinya saya ga punya dosa dong ma dia sebelum2nya. Dan udah saya kasih senyum termanis napa dia masih judes juga yak…?

 



Dan yang bikin saya bangga…



Bangga pada diri sendiri adalah bahwa saya tidak merasa sakit ati, marah dan membalas kejutekan si mbak tadi dengan sikap yang sama. Saya bangga bisa memilah kapan saya boleh kesal dan marah dan kapan tidak bolehnya. Dan saya bangga tidak terprovokasi untuk membalas sikap dia dengan sikap yang sama atau malah bisa lebih buruk lagi.

 



Mungkin yang baca tulisan saya ini bakal ketawa dan ngeledekin ….(#sebenarnya ga mau suudzon sih…). Mungkin ada yang bilang narsis dan sejenisnya. Ini bukan narsis…narsis buat saya adalah kekaguman luar biasa pada diri sendiri baik krn mempunyai kelebihan fisik atau yang lainnya, dan biasanya berujung pada kesombongan dan memandang rendah orang lain, sementara bangga pada diri sendiri adalah bentuk percaya diri bahwa saya bisa menahan  atau tidak melakukan sesuatu yang buruk …sementara saya punya kekuatan, kesempatan dan alasan untuk melakukan yang buruk itu.

 



Yach… btw…. Tengkyu ya mbak penjaga toko…udah memperlakukan saya seperti tadi. Dari sana saya jadi berfikir mungkin satu atau berapa kali di masa lalu saya pernah memperlakukan orang dengan cara seperti itu, dan mungkin pernah lebih buruk lagi. Terima kasih …bahwa saya ditegur oleh Tuhan masih dengan cara yang halus, melalui kejutekan mbak, bukan dengan kesangaran dan kekasaran preman atau yang lebih dahsyat dari itu. Terima kasih Tuhan…. I love U so much…:)

 

  *****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar