Selasa, 31 Juli 2012

RADIO

Udah lama sebenernya saya pengen berbagi yang ini. Bukan sesuatu yang rahasia, bukan pula sesuatu yang luar biasa. Hanya sebuah stasiun radio, yang setia menemani saya hampir setiap pagi di perjalanan terutama setiap Senin dan Jumat pagi.

Ini radio saya ga tau persis namanya, yang saya denger sih penyiarnya selalu bilang  Lait FM...Nah...masalahnya ejaannya entah bagaimanalah yang benernya. Apakah Lite...? Lyt..? Lait...? Let...?

Udahlah...ga masalah buat saya pendengarnya. Kalo Anda berminat radio ini bisa Anda temukan di gelombang 105,8 FM.

Setiap Senin pagi jam 7.00 ada satu acara yang judulnya "Postcard from Melborne".

Begitu bukan sih ejaan kota Melborne ya...? Ach cuekin ajalah...nanti aja kalo saya ketemu ejaaan yang bener tulisan ini saya edit lagi...hehehehe...

Nah Postcard from Melborne ini adalah semacam acara talkshow yang dipandu seorang penyiar yang biasa dipanggil Mr. Brown (kulitnya coklatkah...? atau seneng sama coklat kaya saya...? )

Dan nara sumbernya adalah seorang WNI yang sepertinya sudah lama bermukim di Australia (mungkin tepatnya di kota Melborne), nama beliau Bpk. Nuim dan banyak yang menyapa dengan panggilan Bang Nuim. 

Yang menarik....talkshow ini ga ada topiknya.

Apa saja yang terlintas dipikiran mereka berdua pada saat itu bisa menjadi topik yang menarik. Dan topik itu bisa berganti demikian cepatnya tanpa kita merasa bingung mengikutinya.
Bisa saja pembicaraan dibuka dengan obrolan bahwa nikmat sekali pagi2 begini minum kopi...dan mengalirlah informasi tentang kopi yang sangat detil dari Bang Nuim. Bisa tentang negara penghasil kopi terbesar di dunia, jenis2 kopi, cara menikmati kopi di berbagai negara dan kemudian pembicaraan bisa pindah ke atlit yang suka ngopi dan akhirnya membahas masalah olah raga, politik dan segala macam hal2 yang tadinya saya ga tau menjadi tau.

Saya sungguh sangat takjub dengan Bang Nuim ini, pengetahuan beliau sungguh sangat luar biasa. Apa saja yang ditanyakan oleh pendengar dan penyiarnya...beliau selalu punya jawaban yang bijaksana. 

Dan yang ajaibnya lagi...beliau tahu apa yang terjadi pada waktu yang bersamaan di benua yang berbeda, saya sungguh sangat percaya seakan2 beliau menyaksikan semua kejadian tersebut baik melalui TV atau media lainnya, bukan katanya-katanya.

Contoh soal kaya gini nih...semalam ada pertandingan langsung bola antara Indonesia vs Singapur. Beliau bisa memberikan komentar yang menggambarkan bahwa beliau ikut menyaksikan pertandingan tersebut melalui TV, padahal....pada waktu yang bersamaan di Australia atau Amerika juga ada satu peristiwa yang menarik, dan beliau juga memberikan komentar seakan2 beliau juga menyaksikan peristiwa tersebut.

 

Dan acara lainnya yang jadi favorit saya adalah setiap Jumat pagi sekitar jam 7 an juga. Nama acaranya "Life is Beautiful".

Nara sumbernya adalah sering disapa dengan Bung Hedar (kedengerannya sich begitu..)

Pada awal acara penyiar akan memutar satu lagu... dan setelah lagu selesai...syair atau lirik lagu ini akan dikupas, dibahas oleh Bung Hedar. 

Menariknya...lirik lagu ini dibahas dari berbagai pendekatan disiplin ilmu.

Bagaimana pendekatan psikologinya, sosiologinya,  agama, moral dan lainnya. Dan ternyata...dibalik lirik satu lagu yang kita nyanyikan dengan sembarangan kadang2....ternyata mengandung satu maksud tertentu yang sangat dalam oleh penciptanya.

Dari beberapa bait lagu...banyak sekali ilmu yang dibagi2 oleh Bang Hedar ini... dan tentu saja semua dibahs dengan cara yang menarik dan pendengar dapat berpartisipasi bertanya langsung atau lewat sms, fb maupun twitter.


Sepertinya saya sudah jadi tim marketing Lait, Lit, Lyt FM nih....

Ga papa  deh... yang penting saya dan mungkin beberapa orang lain bisa hepi... :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar